Penyebab sulit lupa mantan, tidak move on, trauma jatuh cinta

Dari sakian banyak orang yang pernah anda kasih baik itu pernah menjadi kekasih anda atau belum pasti ada satu atau beberapa dari mereka yang kenangannya benar-benar membekas. Bahkan mungkin saja sampe sekarang masih teringat-ingat . Atau jangan-jangan anda sampe sekarang belum juga move-on. Di sini saya akan bercerita tentang suatu penyebab khusus yang menjadikan kenapa ada seseorang yang sulit sekali anda lupakan sedangkan yang lain kenapa begitu mudah anda tinggalkan. Apakah ini yang namanya jodoh atau soulmate? jangan berpikiran bahwa orang yang paling membekas di hati anda pastilah jodoh sejatimu, belum tentu .

Dengan membaca posting yang berisi cerita ngawur ini, semua kamu sadar dan segera bisa memutuskan apa yang terbaik bagi hidup kamu. Karena apa yang terbaik bagimu adalah terbaik pula bagi yang lain.

Penyebab sulit move-on, sembuh patah hati

Penyebab utama dari kenangan yang kuat adalah karena kamu terlalu emosi dalam peristiwa atau hubungan cinta tersebut. Maksudnya adalah banyak kenangan emosional yang anda alami ketika menjalani hubungan tersebut. Energi emosi ini bisa berupa emosi positif seperti kegembiraan, kebahagiaan atau malah kesedihan, kecemburuan, rasa putus asa. Semakin banayak emosi yang anda rasakan, semakain beragam dan campur aduk komplit jadi satu maka semakin kuat pula ingat anda dengan si mantan brengsek tersebut.

move on dari cinta lama yang menyakirkan

move n mencari cinta baru

Hebatnya energi emosi tersebut bisa terjadi karena anda sengaja dan bisa juga tidak anda sengaja karena faktor eksternal. Misalkan anda sudah berpacaran dengan si doi selama 5 tahun dan sudah mantap disertai hayalan tingkat dewa dan harapan yang terlalu melambung tinggi bahwa bakal bisa melanjutkan ke arah yang lebih lanjot ( maksudnya nikah). Namun ternyata setelah di akhir cerita cinta anda tidak direstui oleh kedua orang anda, dan calon mertua anda juga gak setuju karena merasa terhina. Akibatnya bahagia di awal , menderita di akhir. Ini namanya ada faktor luar yang bikin cinta anda jadi campur aduk.. semakin ruwet jalinan cintamu semakin bakal panjang, berliku, dan campur aduk gak karuan akhirnya. maka wajar aja anda sulit move-on.

Namun anda juga emosi yang anda terima karena anda sengaja walaupun anda tidak sadari. Maksudnya apa nih? maksudnya adalah anda secara tidak sadar telah melakukan hal-hal yang membuat anda terlalu melepaskan, meluapkan  emosi dalam hal percintaan itu yang berlebihan. Pasti anda merasa tidak setuju, bingung dan menganggap ngawur kalimat.

Biar anda gak salah paham maka saya perjelas. Tindakan yang anda lakukan sehingga sulit move-on adalah karena anda terlalu berkorban  untuk si dia secara berlebihan ? berkorban macam apakah yang membuat anda menderita? ya jelas apa saja, uang, waktu, tenaga, hubungan dengan orang lain dll. Pokoknya apa saja yang anda berikan dan relakan hanya untuk menjalin hubungan dengan si dia bisa dianggap sebagai pengorbanan alias investasi. Lalu apakah dalam proses pendekatan, menjalin hubungan gak perlu berkorban sama sekali atau kalau perlu tanpa modal sama sekali? yang tentu saja boleh dan itu wajar aja , yang tidak wajar adalah berkorban secara berlebihan.

Batasan kewajaran dalam berkorbanpun setiap orang berbeda-beda . bagi anda mungkin mentraktir  makan pacar  adalah berlebihan, tapi mungkin saja bagi saya hal itu biasa dan gak masuk di hati. Jadi ukur kemampuan anda masing-masing. Kalau gak mampu jangan dipaksakan, gak baik bagi kesehatan anda sendiri.

Kenapa sih orang berani berkorban berlebihan? pertama karena terlalu ngarep atau berharap berlebihan, alias lupa diri kalau padahal dia itu belum tentu jadi milik anda. Namun karena ngarep banget, tanpa sadar cinta berlebihan dan akibatnya apapun dilakukan demi agar cintanya awet. Padahal belum tentu semakin anda banyak memberi semakin dia tambah cinta.. memang hadiah adalah salah satu bahasa cinta dan tanda cinta namun belum tentu semakin anda memberi semakin kuat pula cinta dia ke anda. Yang terjadi malah bisa anda semakin cinta sedang dia malah jadi ilfeel dengan anda.

Solusi biar gak jadi korban karena cinta

Lalu sekarang mesti bagaimana ?

Tentunya adalah jalani hubungan cinta anda dengan sewajarnya, tidak perlu berlebihan.  dan yang jelas belajar untuk berani melepaskan. Kalau anda terlalu terikat dengan apa/siapa yang anda cintai maka hidup anda pasti bakal diuji oleh apa / siapa pun yang anda cintai. Kalau kamu cinta harta, maka kamu bakal diuji dengan harta. Bila kamu cinta pangkat, maka hidup kamu bakal diuji dengan pangkat.

Lalu bagaimana nasib bagi yang  cintanya sudah kandas, padahal sudah berkorban apa saja namun akhirnya berantakan? tidak ada yang lain kecuali mengihlaskan semua yang kamu berikan. Bukankah dulu kamu juga merasa senang hati ketika melakukan pengorbanan, tanpa beban ketika memberikan sesuatu kepada mantan kekasihmu? Ketika kamu ihlas dengan masa lalu mu, ihlaskan dengan derita yang terjadi di masa lalu secara otomatis kamu bakal cepat pula memaafkan semua. kalau sudah begitu dengan sendirinya kamu sudah move -on, bebas dari trauma dan sakit hati.

Pasti kamu, ” berpikir itu sulit, itu tidak mungkin!”. Jangan mengingkari dulu jika belum dicoba. Kamu dapat mencoba beberapa cara yang saya tulis di sini untuk mengihlaskan derita masa lalu mu :

  1. ketemu langsung dengan yang bersangkutan lalu omongkan saja semua apa yang kamu ingin luapkan dari dalam hati kamu. Lakukan ini bukan untuk siapa-siapa tetapi lakukan ini untuk diri anda sendiri, biar lega dan damai diri anda. Misalkan , “Sebetulnya, aku kecewa, benci, dan muak dengan kamu. tapi aku terpaksa mau ketemu kamu karena aku ingin bahagia, dan hidupku jadi lebih baik. Atas semua kesalahanmu semoga kamu mendapat balasan yang setimpal, dan sekarang aku ihlaskan, aku lupakan, aku maafkan kesalahanmu padamu bukan karena aku ingin bebas dari mu”.. silahkan kamu umpat dan maki dia , bila hal itu bisa membuat reda. Tapi yang jelas anda harus merelakan dan ihlas  atas kegagalan cinta anda. dan mulai memaafkannya.
  2. Anda bisa mencoba berbicara kepada diri sendiri, seperti orang yang sedang menasehati diri sendiri untuk merelakan . ada sebuah ungkapan indah yang bagus anda bisa anda ulang-ulang ” aku ihlaskan kisah cinta ku yang buruk untuk kebahagiaanku di masa depan”.
Penyebab sulit lupa mantan, tidak move on, trauma jatuh cinta | | 4.5
/* */